Mengatasi masalah di saat berbisnis expor impor

SmartLegal.co.id > Artikel > Mengatasi masalah di saat berbisnis expor impor

Bisnis dan usaha expor impor tidak lagi bisnis  baru dalam dalam perekenomian global. Dan yang dimaksudi expor impor  itu ialah suatu perdagangan yang membatasi tempat dan wilayah. Dan ini sangat berhubungan dengan bertumbuhnya perekonomian wilayah yang menjadikan transaksi.Dan pembahasan kali ini kita akan membahas sedikit konsep syarat membuka bisnis expor impor di Indonesia.

expor impor yang akan saya bahas sekarang bukan impor perorangan yang mendapatkan kiriman dari dalam negeri (domestik), tetapi impor perusahaan yang akan mengirim barang menggunakan pelabuahn laut atau Bandar udara.

Pengertian dari impor :

Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses impor umumnya adalah tindakan memasukan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri. Impor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Impor adalah bagian penting dari perdagangan internasional, lawannya adalah ekspor

Syarat-syarat ketentuan impor

  • Memiliki perusahaan berbadan hukum yang  mempunyai akte pendirian perusahaan, NPWP, SIUP, tanda daftar perusahaan, surat keterangan domisili perusahaan dan dokumen dasar lainnya sebagai perusahaan.
  • Memiliki dokumen Angka Pengenal  Impor (API), nomor registrasi importir dari Departemen Perdagangan/Kementrian Perdagangan. API dibagi menjadi dua jenis:
  • dokumen API untuk importir produsen (memiliki pabrik)
  • dokumen API-U untuk importir umum yang biasanya hanya perusahaan dagang yang mengimpor barang dan selanjutnya untuk dijual lagi ke pasar, tidak punya pabrik dan bisnis pengolahan tertentu.
  • Memiliki Nomor Induk Kepabeanan (NIK)  dan nomor surat registrasi yang didapat setelah registrasi ke Bea Cukai.  Proses registrasi itu meliputi pemeriksaan pembukuan perusahaan, eksistensi dan auditibility-nya.

Apakah semua jenis barang dapat diimpor?

tentu tidak semua barang bisa di impor contonya karet mentah, makanan dan banyak lagi, dan ada UU yang diatur

Barang-Barang Dilarang Ekspor

 Permendag Nomor 44/M-Dag/PER/7/2012 Tahun 2012 tentang Barang Dilarang Ekspor (“Permendag 44/2012”). Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Permendag 44/2012, Menteri Perdagangan menetapkan barang-barang tertentu yang dilarang untuk diekspor dengan alasan:

a. mengancam keamanan nasional atau kepentingan umum termasuk sosial, budaya dan moral masyarakat;

b. melindungi hak atas kekayaan intelektual;

c. melindungi kehidupan manusia dan kesehatan;

d. merusak lingkungan hidup dan ekosistem; dan/atau

e. berdasarkan perjanjian internasional atau kesepakatan yang ditandatangani dan diratifikasi oleh Pemerintah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: